Sabtu, 16 Juni 2012

Anjing Kintamani



Anjing Lokal Berkelas Internasional
Anjing Kintamani memang merupakan jenis anjing lokal yang banyak dijumpai di kawasan pegunungan Batur di Kabupaten Bangli, Bali. Masyarakat Bali sendiri telah lama mengenal anjing Kintamani, bahkan mulai memperjualbelikan hewan ini sejak tahun 1970-an.
Semula anjing jenis ini hanya dijual dikawasan wisata Penelokan Kintamani, setelah itu merambah ke daerah-daerah perkotaan seperti Denpasar dan sekitarnya.
Masyarakat penggemar anjing dibeberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang, dan Yogyakarta banyak yang telah mengenal anjing Kintamani. Tak ketinggalan masyarakat mancanegara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Australia, Amerika, dan Jepang juga mengenalnya.
Bagaimana orang asing bisa mengenal anjing Kintamani? Setelah tinggal di Indonesia sekian lama, mereka kembali ke negara asal mereka dengan membawa anjing kesayangannya, yakni anjing Kintamani. Anjing-anjing itu lantas berkembang biak, semakin lama semakin banyak, dan menyebar ke negera-negara lain yang berdekatan.
Kualitas anjing Kintamani bergantung pada cara perawatannya. Jika binatang berbulu bersih ini dipelihara secara baik, maka hasilnya adalah anjing ras dengan kualitas tak kalah dengan anjing ras dari luar negeri yang selama ini lebih dibanggakan orang.
Populasi anjing Kintamani dewasa ini semakin berkembang berkat peran Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia—sebuah organisasi nirlaba yang mewadahi para pecinta anjing ras di Indonesia) yang tak henti-hentinya mempromosikan anjing Kintamani sebagai anjing lokal berkelas internasional.


Si Pemberani nan Anggun
Ciri khas anjing Kintamani dapat dilihat dari fisik dan postur tubuh. Umumnya hewan ini berbulu putih tebal. Habitat dingin pegunungan menjadikan bulu tebal anjing Kintamani berfungsi laksana selimut lembut penghangat tubuhnya.
Telinganya berwarna kecokelatan. Ekornya berbulu lebat menjuntai seperti bulan sabit. Ia tergolong tangkas dan pemberani. Tulang, otot, rahang, dan giginya juga kuat. Soal kecerdasan pun sesungguhnya tak kalah dengan anjing ras luar negeri.
Walaupun populasi anjing Kintamani didominasi warna putih, namun ada beberapa yang warna bulunya lain, seperti putih kemerahan, hitam mulus, coklat muda, coklat tua, dan coklat poleng (coklat dengan garis-garis kehitaman).
Tak hanya unggul dari segi fisik. Anjing Kintamani juga tergolong anjing penjaga yang dapat diandalkan. Hewan ini memiliki sifat sangat  setia pada tuannya, loyal terhadap seluruh anggota keluarga tuannya, juga tak pernah lupa pada pengasuhnya.
Butuh penjaga rumah yang anggun namun dapat diandalkan agar pencuri enggan menyatroni rumah Anda? Pilih saja si Pemberani dari Penelokan Kintamani ini!

0 komentar:

Posting Komentar