Minggu, 24 Juni 2012

Macam-Macam Kucing Peliharaan


Kucing adalah pilihan kebanyakan orang untuk dijadikan binatang peliharaan. Selain lucu dan manja kucing memiliki cerita di balik bulu dan asalnya. Jika Anda sedang bingung memilih kucing dengan ras apa, berikut bisa menjadi referensi jenis-jenis kucing yang mungkin selama ini Anda cari.


White Persian
Kucing yang sangat anggun ini termasuk dalam keluarga kucing Persia dan termasuk jenis tertua. Konon kucing ini merupakan simbol status di London, Inggris, beberapa perusahaan mengambil kucing ini sebagai inspirasi untuk dipakai industri periklanan, film dan sebagainya.
Pada 1800-an orang mulai tertarik untuk memelihara kucing ini. Pada 1903 kucing White Persia pertamakalinya dipamerkan di London. White Persia memiliki bulu panjang dan menjuntai. Persia putih memiliki nilai yang tinggi apabila matanya berwarna biru. Anak kucing yang berbulu kemerah-merahan pada umumnya memiliki mata yang biru, namun tidak semua jenis dapat memepertahankan warna tersebut.

Birman
Kucing Birman adalah kucing keramat yang berasal dari Birma, kucing ini termasuk klasifikasi Longhair yang tidak diketahui asal usulnya walaupun dari namanya terkesan ia berasal dari timur. Menurut legenda, Kuil Lao-Tsun, milik orang-orang Khmer Birma (Myanmar) dijaga oleh kucing-kucing dengan bulu keemasan dan bermata biru.
Salah satu dari kucing tersebut adalah penjelmaan dari Sinh, seorang pendeta Mun-Ha yang dibunuh secara misterius. Karena itulah bulu kucing yang awalnya putih berubah menjadi kekuning-kuningan, mata menjadi biru, wajah, kaki dan ekor menjadi coklat. Birman cocok untuk dipelihara karena sifatnya yang lembut dan manja.

British Shorthair
Kucing British Shorthair adalah kucing yang berasal dari negara Inggris, sifatnya sangat lembut, manja, dan pandai. Oleh karenanya kucing ini menjadi peliharaan sebagian banyak orang. Daya tariknya bukan hanya pada sifatnya, namun secara fisik kucing ini cukup memukau, memiliki tubuh yang padat, tegap, kaki yang membulat dan kuat dan memiliki ekor yang tebal. Memiliki pola dan warna yang beragam, dengan berbagai kombinasi warna.

Manx
Kucing unik ini berasal dari Isle of Man, West Coast, Inggris. Orang biasa menyebutnya kucing tanpa ekor. Selintas kucing Manx hampir mirip kelinci, memiliki kaki belakang lebih panjang daripada kaki depannya. Keturunan kucing Manx bisa mengahsilkan kucing dengan ekor normal dan berekor pendek.
Manx memiliki warna yang berpariasi mulai dari coklat, lembayung muda dan kombinasi beberapa warna. Manx sangat cocok untuk menjadi binatang peliharaan. Selain lucu ia termasuk binatang yang setia kepada pemiliknya. Kucing ini berbeda dengan kucing lain, ia bisa berdamai dengan anjing. Selain cekatan, ia relatif lebih kuat dengan kucing lainnya.

Sphynx, kucing tanpa Bulu
Kucing ini termasuk aneh dalam penampilan, berbeda dengan kucing lain yang kulitnya ditutupi bulu. Sphynx sama sekali tidak ditumbuhi bulu. Karenanya kucing ini nampak berkerut, suhu badannya relatif tinggi, permukaan tubuhnya lembut dan tidak tahan terhadap iklim dingin.
Kucing Sphynx pertama kali ditemukan pada 1966 di Ontario Kanada. Kucing ini harus berada dan ditempatkan pada suhu dan udara yang hangat agar kulitnya tetap kering.

0 komentar:

Posting Komentar