Selasa, 26 Juni 2012

Macam-|Macam Kucing dan Tips Perawatannya


Di Indonesia mudah sekali menemukan hewan yang satu ini. Ternyata selain sebagai hewan peliharaan, kucing juga hidup bebas di sekitar kita. Tidak percaya? Jalan-jalan di taman, di pasar atau di gang perumahan pasti Anda akan menemukan macam-macam kucing. 
Mereka hidup mandiri dan tidak ada yang merawatnya.Yang paling mengesalkan adalah kalau kucing-kucing ini sudah membuang kotoran seenaknya, di jalan-jalan atau di halaman rumah.



Macam-macam Kucing
Kucing diibaratkan sahabat manusia. Selain anjing, kucing juga dimanfaatkan sebagai hewan piaraan yang bisa menjaga rumah pemiliknya. Biasanya ia akan lebih mudah mengenali pemilik dan akan mengeong atau mengikutinya kemanapun pemiliknya pergi.
Pernah nonton film kartun Tom dan Jerry? Cerita yang lucu, antara kucing yang menjadi musuh sekaligus teman baik tikus.  Pada kenyataannya, memang kucing adalah pemburu tikus. 
Hewan carnivora atau pemakan daging ini banyak macamnya. Kucing dibedakan berdasarkan ras, warna dan bulunya. Tidak heran kalau Anda bisa menemukan banyak macam-macam kucing yang lucu dan menggemaskan.
Sekarang ini banyak penjual kucing yang melakukan perkawinan silang antar ras untuk mendapatkan jenis kucing peliharaan yang warnanya bagus dan berbulu halus juga lebat.
Berikut ini dasar klasifikasi macam-macam kucing.
  • Berdasarkan panjang pendeknya rambut atau bulu kucing.
Macam-macam kucing dibedakan atas panjang pendeknya rambut yang dimilikinya. Ada jenis kucing yang memiliki rambut atau bulu yang panjang. Bulunya sangat panjang, lebat dan halus bahkan sampai menutupi tubuh dan ekornya juga berbulu panjang. 
Kucing jenis ini sangat lucu dan unik, banyak dijadikan hewan peliharaan di rumah. Harganya pun mahal. Bisa dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Jenis kucing berbulu panjang antara lain kucing Persia dan Anggora.
Kucing yang berkeliaran bebas di sekitar rumah di Indonesia termasuk kucing yang memiliki jenis rambut atau bulu pendek. Rambutnya halus namun tipis dan pendek. Ekornya pun berbulu tipis bahkan hampir terlihat tak berbulu.
  • Berdasarkan warna yang dimiliki.
Warna kucing banyak macamnya, dan hampir semua kucing memiliki corak dan warna yang berbeda pada bulunya. Namun ada warna-warna tertentu saja yang dimiliki kucing seperti warna putih, hitam, coklat tua, coklat muda, kuning tua, kuning muda dan abu-abu. Inilah warna dasar yang dimiliki kucing.
Ada kucing yang memiliki hanya satu warna di bagian tubuhnya dan ada juga yang memiliki dua atau tiga warna. Jika Anda ingin mendapatkan warna kucing yang bagus, tidak ada salahnya menyilangkan kucing yang berbeda warna untuk mendapatkan keturunan anak kucing yang berwarna indah.

Cara Merawat Kucing
Buat yang hobi dan penyayang kucing, berikut ini ada beberapa tips dalam merawat macam-macam kucing :
  • Memberikan tempat khusus untuk kucing. 
Jangan salah lho, kucing juga perlu tempat untuk tidur dan beristirahat.  Tidak perlu kamar khusus, hanya sediakan tempat yang empuk seperti bantal tipis. Kucing akan tidur di tempatnya saja jika sudah terlatih. Ini juga mempermudah Anda agar tidak terganggu dengan kehadiran kucing di dalam rumah.
  • Menyediakan tempat makanan khusus dan diletakkan di satu tempat yang mudah dijangkaunya.
Jangan memberikan makanan pada kucing di bekas piring makanan yang masih akan dipakai lagi. Ini untuk mencegah terjadinya penularan penyakit yang dibawa oleh kucing ke keluarga Anda. 
  • Latihlah kucing untuk membuang kotoran di tempat yang Anda kehendaki. 
Ini akan menjadi masalah besar jika kucing pipis dan buang kotoran seenaknya di rumah. Tapi, kucing juga bisa dilatih kebiasannya.
  • Memberikan makan yang baik dan sehat. 
Untuk jenis kucing yang harganya mahal seperti Anggora, perlu diberikan makanan khusus dan perawatan yang khusus pula. Sayang kan, kalau kucingnya mati padahal harganya sangat mahal.
  • Waspadai penyakit kucing seperti rabies dan toksoplasma.
Kotoran kucing, ludah maupun gigitannya bisa menjadi penyakit bagi manusia. Sebaiknya, lebih berhati-hati dalam merawat serta menjaga kebersihan rumah.
Nah, memiliki kucing tidak hanya memelihara saja ya tapi juga perlu dirawat dan disayangi. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar