Cara Merawat Anjing


Anjing-anjing lucu bisa meluluhkan perasaan para pecinta anjing untuk memilikinya. Dengan tatapannya yang ceria dan ekor-ekor yang dikibaskan serta bulu yang halus mendorong siapapun pecinta anjing untuk mengelus-elus dan memeluknya.

Bagi para pecinta binatang, khususnya pecinta anjing pasti memiliki kriteria yang berbeda-beda mengenai anjing lucu. Ada yang menganggap bahwa ras Rotweiler-lah yang paling lucu, atau Chouchou dan Herder yang menjadi pilihan.  Perbedaan tersebut sah-sah saja, karena setiap orang pasti memiliki kesukaan yang berbeda.
Jika ingin memiliki hewan peliharaan, Anda bisa memilih Anjing . Lucu dan bersahabat, demikian karakter hewan peliharaan yang satu ini. Anjing layaknya manusia. Ia sangat suka dimanja dan diperhatikan, alhasil dia akan menjadi seorang sahabat setia. Berikut adalah jenis anjing lucu yang cocok untuk keluarga, beberapa di antaranya bisa dipakai sebagai anjing penjaga.

Anjing Lucu - Chihuahua

Anjing dengan bentuk yang mini ini adalah jenis anjing terkecil di dunia dengan bulu yang halus dan panjang. Chihuahua berasal dari Meksiko. Selain masuk dalam ras anjing lucu, perwatan Chihuahua juga tidak sulit.
Chihuahua dewasa makannya cukup dengan 50 gram per hari karena ukurannya kecil. Untuk membawanya juga tidak sulit, ia bisa dimasukkan ke dalam saku celana. Ia bertubuh sedikit lebih panjang dibandingkan dengan tingginya.
Anjing dengan jenis Chihuahua memiliki tulang rusuk berbentuk bulat yang agak lonjong, kepalanya seperti buah apel, dengan hidung yang pendek (tidak memiliki moncong) namun agak runcing. Jika dalam keadaan tegang, telinganya akan berdiri tegak. Sedangkan jika ia tenang, telinganya akan mengembang pada disisi-sisinya.
Chihuahua bisa menjadi pilihan anjing peliharaan keluarga. Dengan peringainya yang lincah dan selalu waspada, ia sangat lucu. Jangan sepelekan Chihuahua karena ukurannya yang kecil. Ternyata ia bisa juga dipakai sebagai anjing penjaga

Anjing Lucu - Toy Poodle

Di antara kita pasti sering mendengar anjing lucu jenis Poodle. Anjing yang anggun seperti seorang model dan memiliki bulu-bulu yang dipangkas. Namun apa bedanya dengan Toy Poodle? Toy Poodle merupakan jenis yang terkecil dari jenis Poodle.
Dengan bentuk tubuh yang bisa dibilang hampir mirip persegi dan gaya yang lincah. Anjing yang ekornya selalu dipotong pendek ini memiliki sifat yang sangat sensitif pada orang-orang yang tidak dikenal. Jika didekati, ia akan menyalak dengan suaranya yang keras dan melengking.
Ada dua model yang biasa dipakai untuk memangkas bulu-bulu Toy Poodle. Model pertama adalah gaya curly coat. Gaya adalah gaya bulu-bulu keriting yang lebat dengan jumlah yang sangat berlebihan tersusun tidak beraturan atau kasar menggulung seperti tali.
Model kedua adalah gaya cordy coat. Gaya ini adalah gaya dengan bulu yang padat, tebal dan bergantungan, di bagian telinga bulu yang tumbuh lebih panjang. Warna anjing Toy Poodle bermacam-macam, hampir semua warna ada. Anjing lucu ini memiliki warna kuku yang sesuai dengan warna bulunya.

Anjing Lucu - Anjing Herder

Herder adalah anjing yang berasal dari negara Jerman. Ia memiliki peranan yang besar sebagai anjing penjaga. Fungsi herder sebagai anjing penjaga sudah dilakukan dari perang dunia pertama, tepatnya pada tahun 1914.
Di Indonesia Sendiri, Anjing jenis Herder biasa digunakan oleh pasukan K-9 untuk melacak (mencari pelaku kejahatan seperti perampokan, narkoba dll) karena Herder memiliki insting dan penciuman yang kuat. Selain anjing yang pintar, Herder juga memiliki sifat yang sangat penyayang. Ia bisa sangat setia dengan majikannya, dan menyukai anak-anak.

Anjing Lucu - Afghan Hound

Anjing lucu jenis Afghan Hound adalah salah satu jenis anjing tertua di dunia. Nama Anjing lucu ini berasal dari nama suatu negara yaitu “Afghanistan". Di perbatasan negara Afghanistan dan di negara India bagian utara, Anjing ini hidup secara berkelompok dengan jumlah yang lumayan cukup banyak. Di negara asalnya, Afghan Hound banyak dipakai sebagai anjing gembala. Postur tubuhnya-lah yang memungkinkan ia sangat cocok untuk dijadikan anjing pemburu di daerah yang gersang.
Bentuk kakinya yang besar dengan bulu-bulu yang lebat dan panjang tetap memungkinkan ia untuk berlari dengan kencang. Tulang pinggulnya terletak di posisi lebih tinggi dan lebih renggang dibandingkan dengan anjing yang lain.
Ukuran tubuh Afghan Hound cukup besar. Afghan Hound jantan memiliki ukuran 68cm, sedangkan yang betina 63cm. Dengan gerakannya yang lincah ia mampu membelok dengak kecepatan yang sangat cepat. Memiliki karakter yang gagah berani, serta kesetiaannya kepada majikan tidak diragukan lagi.
Kesetiaannya hanya berlaku untuk satu majikan. Sifatnya yang cenderung enggan dengan orang yang tidak dikenal membuat Afghan Hound nampak seperti anjing penakut. Walaupun dimasukkan sebagai anjing pemburu, Afghan Hound dengan segala keanggunannya memiliki bulu-bulu yang halus menjadikannya anjing lucu yang bisa dijadikan hewan peliharaan keluarga.

Anjing-anjing dengan jenis di atas bisa nampak lucu apabila ia dirawat dan didandani. Namun perlu dicatat, mendandani Anjing tidak perlu berlebihan, alhasil yang nampak malah anjing merasa tidak nyaman, terlalu genit dan akan menyalak terus.
Oleh karenanya bagi Anda yang memiliki peliharaan binatang khususnya anjing harus mengetahui tips bagaimana cara merawat Anjing tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba.
  • Kondisi setiap anjing akan berbeda dengan anjing yang lainnya, oleh karenanya Anda harus mengetahui silsilah dan asal muasal anjing tersebut. Jika Anjing Anda berasal dari daerah atau negara yang beriklim dingin, akan berbeda perawatannya dengan anjing yang berasal dari negara dengan iklim panas.
  • Selain memahami kondisi ras asal, pahami pula bagaimana keadaan fisik anjing. Anjing yang memiliki badan dan bulu yang lebat akan berbeda perawatannya dengan anjing yang berbadan kecil dan memiliki bulu pendek. Misalnya anjing dengan jenis Chihuahua akan berbeda cara perawatannya dengan Toy Poodle atau dengan anjing lainnya yang memiliki fisik yang berbeda.
  • Anjing lucu akan lebih enak dipandang apabila tidak ada lendir yang belepotan di wajahnya. Dengan begitu, lakukan perawatan dengan rutin yaitu dengan membersihkan bagian wajah. Membersihkan wajah bisa dengan menggunakan kain lembut yang yang sudah dibasahi dengan air. Lakukan dengan perlahan. Periksa bagian giginya, apabila ada kotoran yang menempel bersihkan dengan menggunakan sikat gigi.
  • Menyenangkan bisa bercanda dengan anjing peliharaan di rumah. Namun jika badannya bau tentu akan mengganggu Anda. Tidak perlu takut atau khawatir memandikan anjing. Pada dasarnya anjing sangat menyukai air. Memandikan anjing bisa dilakukan 1 – 2 kali seminggu. Perhatikan cuaca saat akan memandikan, usahakan cuaca dalam keadaan normal. Anjing memiliki kebiasaan mengibas-ngibaskan bulunya yang basah. Bantu mengeringkannya dengan handuk atau hairdryer.
  • Agar bulu tampak halus, bersih dan sehat lakukan dengan teratur menyisir bulu-bulunya. Kuku anjing bisa dipotong, namun jangan sampai memotong pada bagian kuku yang terang karena bagian tersebut adalah bagian pembuluh darah.
  • Menjaga kebersihan di sekitar tempat anjing seperti :
  • Sediakan kandang, yang cukup nyaman untuk ukuran badan Anjing.
  • Sirkulasi harus cukup, sediakan tempat pembuangan dan usahakan selalu dalam keadaan kering.
  • Pilih makanan dogfood yang cocok, jika anjing mulai merasa jenuh, Anda bisa variasikan makanan dengan sayur sayuran atau daging yang sudah dicampur dengan nasi.
Anjing memang bisa menjadi sahabat, ia bisa menjadi bagian dari keluarga. Jika Anda ingin memiliki anjing-anjing lucu seperti jenis yang sudah dipaparkan di atas, Anda bisa mencarinya di petshop-petshop atau menghubungi pemilik dan pecinta anjing.

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Posts