Selasa, 12 Juni 2012

Anjing Termahal di Dunia

Ada banyak jenis-jenis anjing yang bisa Anda pilih jika Anda berminat memeliharanya. Harganya pun beragam, tergantung pada ras dan riwayat imunisasinya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis anjing yang harganya selangit? Jenis-jenis anjing ini dibandrol seharga mulai dari Rp15.000.000 hingga mencapai Rp 3.500.000.000 per ekor. Ini dia jenis-jenis anjing termahal, diurutkan mulai dari yang paling mahal hingga yang paling murah.

Jenis-jenis Anjing Termahal - Tibetan Mastiff

Anjing tibetan mastiff adalah jenis anjing penjaga yang biasa diikat di luar rumah atau dibawa menggiring ternak oleh pemiliknya. Tubuhnya yang besar dan bulunya yang tebal menyebabkan anjing yang berasal dari wilayah Tibet ini terlihat garang dan menyeramkan. Jenis anjing tibetan mastiff merupakan anjing yang paling mahal dibandingkan jenis-jenis anjing mahal lainnya. Seekor anjing tibetan mastiff bisa dijual seharga Rp 3.500.000.000! Fantastis, bukan?
Anjing tibetan mastiff adalah jenis anjing bertubuh besar, tinggi, dan kuat rangkanya. Tinggi seekor tibetan mastiff jantan bisa mencapai 80 cm, meski tinggi rata-rata jenis anjing ini hanya sekitar 60 - 72 cm. Berat tubuhnya pun bisa mencapai 130 kg, tetapi ini jarang sekali terjadi.
Penelitian menunjukkan bahwa anjing tibetan mastiff dewasa biasanya memiliki berat badan antara 64 - 82 kg. Ukuran tinggi dan badan ini bergantung pada kondisi fisik anjing tersebut. Semakin sehat, semakin ideal beratnya (tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus).
Anjing-anjing tibetan mastiff yang tumbuh sangat pesat hingga terlihat mirip singa ini biasanya ditemukan di Barat dan beberapa pengandangan anjing di Cina yang memberi makan anjing-anjingnya secara berlebihan.
Jenis anjing ini masih ditemukan hidup di alam liar Cina dan daerah pegunungan Himalaya (Bhutan, India bagian utara, dan Nepal). Mereka sering kali dijinakkan oleh suku nomaden untuk menjaga ternak. Selayaknya anjing penjaga, tibetan mastiff berperangai galak dan agresif, terkadang keinginannya sulit ditebak. Sehingga, melatih anjing jenis ini bukanlah hal yang mudah.
Akan tetapi, kebanyakan anjing Tibetan mastiff yang dipelihara sejak bayi lebih mudah dilatih. Sifatnya lebih manis dan penurut serta suka berada dekat pemiliknya.

Jenis-jenis Anjing Termahal - Rottweiller

Peringkat kedua jenis-jenis anjing termahal di dunia ditempati oleh anjing jenis rottweiller. Anjing yang berasal dari Kota Rottweil, Jerman, ini biasanya dijual dengan kisaran harga antara Rp 100.000.000 hingga Rp150.000.000. 
Anjing bertubuh sedang dan dapat tumbuh menjadi sangat besar ini merupakan salah satu favorit para pecinta anjing. Selain tubuhnya yang kekar dan kuat serta bulunya yang hitam legam, aspek yang menarik dari anjing rottweiller adalah sikapnya yang manis, penurut, dan pintar.
Meski berukuran relatif besar, anjing Rottweiler dapat menjadi peliharaan yang menyenangkan karena sifat alaminya yang tenang, sangat setia pada pemiliknya, penurut, dan senang berperan membantu pemiliknya.
Bulunya yang pendek dan legam membuat anjing rottweiler terlihat sederhana dan benar-benar seperti anjing domestik.
Akan tetapi, kepintaran, sifat percaya diri, pemberani, dan keteguhannya membuat anjing ini menjadi andalan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Di tempat asalnya, anjing rottweiler sering digunakan sebagai anjing pemburu, penjaga ternak, dan membantu para tukang daging menarik gerobak berisi potongan-potongan daging ke pasar.
Kini, anjing manis dan pintar ini banyak digunakan sebagai jenis anjing penyelamat dan penyelidik dalam membantu tugas kepolisian, sebagai anjing pemandu orang-orang tunanetra, sebagai anjing penjaga, dan sebagainya.

Jenis-jenis Anjing Termahal - Yorkshire Terrier

Anjing jenis yorkshire terrier adalah jenis anjing mungil yang cocok sekali dipakaikan baju khusus anjing dan diberi pita imut di antara kedua telinganya. Berat anjing yang terlihat seperti boneka ini hanya berkisar antara 1,4 - 3.2 kg. Anjing yorkshire terrier dijual dengan harga mulai dari Rp 40.000.000 sampai Rp 70.000.000.
Anjing yorkshire terrier berasal dari wilayah Yorkshire, Inggris. Anjing ini pada awalnya dikembangbiakan untuk kepentingan mengejar tikus-tikus liar di pabrik pemintalan benang. Jenis anjing ini memiliki ciri-ciri tubuh yang relatif kecil, berbulu panjang (kadang lurus, kadang agak ikal), bulu yang mengilap, dan sangat lembut, serta memiliki wajah yang lucu.
Secara general, anjing jenis ini tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi manusia. Dalam artian, anjing ini tidak dapat dilatih menjaga rumah, berburu, atau membantu penyandang cacat. Akan tetapi, anjing yorkshire terrier banyak dipilih sebagai anjing peliharaan di perkotaan karena anjing ini sangat cocok menjadi anjing peliharaan yang patuh pada pemiliknya. Saking populernya, anjing ini sering dijadikan indukan untuk pembiakan jenis-jenis anjing rumahan yang lain, seperti australian silky terrier.
Anjing manis ini memiliki karakter khas yang ‘bisa membawa diri’, tulus, senang diperhatikan, dan aktif. Ia senang bermain tetapi juga bisa duduk manis serta relatif tidak rewel jika dibawa berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan tempat keramaian lain. 
Kelemahan dari anjing yorkshire terrier adalah sifat pencemburunya. Ia tidak suka keberadaan anjing lain mengalihkan perhatian si pemilik dari dirinya Ia cenderung ingin ‘menguasai’ pemiliknya itu tanpa berbagi dengan anjing peliharaan lain. Ia juga merupakan salah satu jenis anjing yang sukar dilatih dan keras kepala.

Jenis-jenis Anjing Termahal - Pharaoh Hound

Jenis anjing pharaoh hound dari Republik Malta adalah jenis anjing termahal yang menduduki peringkat ke-4. Dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000.000 hingga Rp 30.000.000. Anjing ini biasa digunakan sebagai anjing pemburu oleh warga Malta. Meskipun terdapat kata “pharaoh” dalam namanya yang berarti “firaun”, anjing pharaoh hound sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan kebudayaan Mesir Kuno. Nama Pharaoh hound sendiri digunakan oleh orang-orang Barat sejak abad ke-20.
Anjing pharaoh hound memiliki perawakan khas yang kurus dan jangkung, sehingga jenis anjing ini terlihat atletis sekaligus elegan. Anjing pharaoh hound dewasa memiliki panjang tubuh mulai dari 50 - 65 cm dan memiliki bobot seberat 18 - 27 kg. Anjing jantannya biasanya lebih besar daripada yang betina.
Anjing pharaoh hound merupakan jenis anjing yang pintar, mudah dilatih, suka bermain, dan aktif. Ia juga mudah bergaul dengan anjing-anjing lain dan dengan manusia. Akan tetapi, ia sering kali terlihat menyendiri dan tidak ramah jika berada di tengah-tengah lingkungan baru. Selain itu, anjing ini adalah tipe anjing yang memiliki insting berburu yang tajam. Oleh karena itu, sebaiknya anjing ini dijauhkan dari hewan-hewan lain, seperti kucing, burung, apalagi hamster.

Jenis-jenis Anjing Termahal - Maltese

Satu lagi jenis anjing imut yang harganya selangit adalah anjing maltese. Harga anjing yang berwarna putih polos ini dibandrol mulai dari Rp 15.000.000 hingga Rp 25.000.000. Anjing maltese berasal dari Republik Malta, sebagaimana jenis anjing pharaoh hound.
Anjing bertubuh mungil ini hanya berbobot sekitar 1,3 - 3 kg untuk anjing jantannya dan 1 - 3 kg untuk anjing betina, dengan panjang tubuh 20 - 25 cm saja. Benar-benar mirip boneka, ya? Karena bentuk dan wajahnya yang imut, anjing maltese banyak disukai oleh para wanita. Bahkan sejak zaman dahulu, banyak wanita bangsawan di Italia memelihara anjing maltese sebagai companion dog.
Selain karena tampilan fisiknya yang lucu, anjing maltese banyak dipilih sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang menyenangkan. Maltese adalah salah satu dari jenis-jenis anjing rumahan yang menyenangkan, senang dimanja dan diperhatikan, ceria, energik, dan suka bermain. Meski begitu, anjing ini sering kali tidak cocok bermain dengan anak kecil. Sebab, ia tidak sabaran dengan tempramen anak kecil yang biasanya gemas ingin meremasnya.

0 komentar:

Posting Komentar