Senin, 02 Juli 2012

Tips Memilih Kucing Persia



Sejarah kucing Persia

Pada jaman dulu di negara Turki terdapat daerah yang namanya Angora dan Persia. Keistimewaan dari kedua kota ini adalah punya populasi kucing yang begitu banyak.
Kucing-kucing tersebut kebanyakan berbulu banyak dan lebat. Ketika ada orang dari negara-negara Eropa datang ke wilayah Turki, mereka tertarik pada kucing yang berasal dari kota itu dan menamakannya dengan sebutan kucing Persia dan kucing Angora.


Sejak saat itu kucing Persia dan Angora menjadi terkenal dan banyak yang memilihnya untuk dijadikan koleksi binatang peliharaan. Bahkan pada tahun 1800 di Inggris pernah diadakan kompetisi kecantikan untuk menentukan dan memilih kucing bagus dari jenis Persia.
Dari sini kucing Persia maupun Angora makin populer dan terus menyebar ke seluruh penjuru dunia. Penggemarnya juga makin bertambah banyak termasuk di Indonesia.


Standar Kucing Bagus Persia


Karena sudah menyebar di berbagai tempat, sekarang penggemar kucing Persia  membuat standar kwalitas. Tujuannya untuk menjaga kelestarian dan kesehatannya.
Adapun standar tersebut terbagi dalam tiga kategori :
1. Pet quality
Merupakan kucing yang semuanya tidak memenuhi standar yang telah disepakati bersama. Terutama dalam hal keaslian genetik dan warna serta bentuk tubuhnya.

2. Breeed quality
Bisa dipilih sebagai kucing bagus untuk dijadikan induk. Karena kwalitasnya lebih bagus dari kategori pet quality.

3. Show quality
Adalah kucing lucu yang sejak masih kecil sudah  terlihat kwalitasnya yang prima. Baik berdasarkan genetik dan warna maupun bentuk tubuh dan bulunya. Kucing ini paling mahal harganya bila diperjual belikan.


Teknik memilih kucing bagus Persia


Pada umumnya orang berpendapat bila memilih kucing bagus jenis Persia ini sulit. Dan faktanya memang begitu.
Namun demikan bila kita mengetahui teknik untuk mendapatkan binatang berkaki empat dengan kwalitas yang bagus, maka kesulitan tersebut bisa dihindari atau diminimalkan.

Untuk itu sebelum mengeluarkan uang untuk membeli kucing bagus Persia, perhatikan dulu hal-hal berikut ini :
1. Tentukan lebih dulu, ingin memelihara kucing bejenis kelamin betina atau jantan.Cara membedakannya adalah dengan mengamati jarak antara dubur dan lubang kelamin.
Bila jauh dan bentuknya bulat, berarti anak kucing itu adalah jantan. Sedangkan untuk yang betina bentuk kelaminnya panjang dan ada celah di tengahnya.

2. Untuk para pemula,sebaiknya memilih kucing yang masih kecil lebih dahulu. Karena kucing yang masih kecil lebih mudah melakukan adaptasi pada lingkungan barunya.
Selain itu pemiliknya juga bisa lebih mudah mengenal karakter kucing Persia tersebut sehinggga lebih mudah memeliharanya.

3. Sebelum menentukan pilihan, cek lebih dahulu berat badan serta kesehatan organ tubuhnya. Bila perlu tanyakan pada penjual riwayat kesehatan dan kartu vaksinasinya.

4. Agar bisa mendapat kucing bagus dan berkwalitas prima pilihlah yang berkaki pendek dan besar serta bentuk kepalanya melingkar. Kemudian lihat dadanya.
Dada kucing Persia yang bagus bentuknya lebar dan dalam. Sedang punggungnya rata dan tulangnya juga pendek dan besar, namun perutnya kecil dengan otot yang keras.

5.    Setelah badan amati mata, hidung dan telinga serta ekor. Kucing bagus jenis Persia memiliki mata yang bulat dan besar. Sedang hidungnya masuk ke dalam atau pesek dan berukuran kecil namun melebar.
Jika dia mendongakkan kepala akan terlihat ada belahannya. Kemudian untuk telinganya juga berbentuk kecil dan bulat dengan ujung yang melengkung serta menghadap ke bawah.
Dan yang terakhir ekornya berukuran pendek, tebal dan lurus namun tidak kaku dan sering membentuk sudut yang lebih rendah dari punggungnya.

6.    Setelah bentuk fisiknya memenuhi syarat, sekarang telitilah surat silsilah yang menerangkan asal-usulnya. Ini untuk menjamin keaslian ras dari kucing yang kita pilih.
Semoga info ini bermanfaat bagi para pecinta binatang peliharaan, terutama kucing Persia yang ingin mendapatkan kucing bagus dengan kwalitas yang semupurna pula.

0 komentar:

Posting Komentar