Sabtu, 21 Juli 2012

e-Commerce Tokobagus Tumbuh Pesat di Q2-2012

Tokobagus.com terus mencatatkan pertumbuhan trafik transaksi online yang signifikan. Setiap harinya di situs e-commerce ini terjadi 800 ribu transaksi jual beli dengan nilai transaksi per bulannya mencapai Rp 1,3 triliun hingga Rp 1,4 triliun sepanjang kuartal kedua 2012.

"Untuk kenaikan omzet memang belum dilakukan survei. Tetapi logikanya jika trafik naik, tentu ada dampak ke omzet," kata PR Manager Tokobagus.com, Ichwan Sitorus, kepada detikINET di Jakarta, Sabtu (21/7/2012).

Trafik signifikan dirasakan Tokobagus.com saat berlangsungnya ajang Piala Eropa selama sebulan penuh. Ajang empat tahunan itu berhasil mendongkrak trafik salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia hingga 35%.

"Kami memang aktif melakukan kegiatan pemasaran guna meningkatkan awareness terhadap Tokobagus.com, salah satunya menjadi sponsor untuk siaran di televisi. Dampaknya, trafik ke situs Tokobagus naik rata-rata per hari 35%," ungkapnya.

Tak hanya mengandalkan kegiatan above the line untuk meningkatkan awareness situsnya, tetapi juga aktif meretensi pengguna dengan memberikan reward member berupa pemberian beragam hadiah menarik, antara lain satu unit sepeda motor Honda Tiger kepada pemenang asal Jogja, serta berbagai hadiah lainnya.

"Kami kerap memberi apresiasi kepada masyarakat, terutama member maupun user Tokobagus.com. Hal ini selain untuk menunjukkan perhatian secara nyata juga untuk mendekatkan diri kepada khalayak baik yang sudah jadi member ataupun yang belum.

"Ini juga sebagai salah satu upaya strategi dan edukasi kita agar ketertarikan masyarakat semakin kuat kepada Tokobagus. com," jelasnya. Ajang reward yang dimaksud bertajuk Tebak Skor Piala Eropa 2012.

Dengan meningkatnya trafik pengunjung dan transaksi online, diakui Ichwan, cukup berimbas baik pada jumlah pengiklan.

"Update iklan baru tiap harinya sudah mencapai ratusan ribu. Paling banyak iklan dari fashion, otomotif, properti, elektronik, termasuk kategori olahraga. Rata-rata semua kategori meningkat 300%," paparnya lebih lanjut.

Melihat besarnya peluang itu, Tokobagus.com tak menyiakan kesempatan saat diajak bekerja sama dengan produsen mobil Daihatsu dalam program Bursa Oto Seken atau BOS Daihatsu 2012, di Surabaya. Situs e-commerce ini memang ingin meningkatkan pasar peminat otomotif di dunia maya.

"Kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa e-commerce di Indonesia, khususnya Tokobagus.com telah mendapat pengakuan dari pabrikan mobil ternama seperti Daihatsu," terang Ichwan.

Menurutnya, penjualan maupun pembelian mobil di dunia maya, terutama di perusahaan e-commerce terus mengalami peningkatan yang signifikan. Di Tokobagus.com sendiri tiap hari dibanjiri ribuan listing iklan mobil dari berbagai daerah, mencapai 30%lebih dari total semuaiklan baru yang masuk setiap harinya.

"Tiap hari ribuan iklan mobil masuk ke situs kami, dan 90% yang dijual merupakan mobil-mobil bekas berbagai kategori," tambah Ichwan.

Selain otomotif, segmen lain yang juga tumbuh pesat di Tokobagus.com adalah segmen alat-alat olahraga. Itu sebabnya, Tokobagus.com juga tak segan untuk berpartisipasi di setiap event berbau sports.

Dukungan itu juga dilakukan Tokobagus.com pada kegiatan tahunan event olahraga bertajuk Turnamen Billiard Antar media dan Korporasi tahun 2012, di Hanggar Pancoran, Jakarta, awal Juli ini.

Dalam acara yang dihadiri Menkokesra Agung Laksono ini, founder Tokobagus.com Arnold Sebastian Egg menyerahkan secara simbolis reward khusus bagi pemain terbaik tahun ini yang diraih oleh Primonadi dari Bank BRI.

0 komentar:

Posting Komentar