Senin, 11 Juni 2012

Anjing Chihuahua


Chihuahua adalah salah satu jenis anjing berukuran mini yang banyak dipilih sebagai binatang peliharaan, terutama bagi para kaum perempuan. Ukurannya yang mungil dan sifatnya yang aktif penuh semangat menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta anjing chihuahua.

Asal-Usul Jenis Anjing Chihuahua

Terdapat ketidakjelasan fakta mengenai asal-usul chihuahua. Akan tetapi, bukti kuat merujuk pada Meksiko sebagai tempat awal pembiakan anjing chihuahua. Anjing ini dianggap sebagai keturunan dari anjing jenis techichi, jenis anjing yang banyak dipelihara oleh suku Indian di Meksiko zaman dahulu. Kemudian, kedatangan penjajah kolonial menemukannya dan menamainya dengan nama chihuahua, sesuai nama area ditemukannya anjing tersebut.
Akan tetapi, beberapa ahli sejarah lain memiliki pendapat berbeda. Menurut mereka, chihuahua adalah jenis anjing yang berasal dari Malta, Eropa. Hipotesis ini dibangun atas dasar penelitian terhadap lukisan-lukisan anjing kecil yang mirip sekali dengan chihuahua.
Kesimpulan dari hipotesis-hipotesis yang berbeda ini adalah mereka meyakini bahwa chihuahua memang anjing yang berasal dari wilayah Meksiko dan telah dipelihara oleh manusia sejak tahun 100 SM. Kemudian, diperkenalkan ke Benua Eropa oleh Colombus dan pasukannya saat mereka menemukan Benua Amerika. Akan tetapi, kepopuleran chihuahua sebagai anjing peliharaan dimulai pada tahun 1904, saat American Kennel Club mengakui ras anjing ini.

Bentuk dan Ukuran Tubuh Jenis Anjing Chihuahua

Ukuran tubuh yang mungil menyebabkan chihuahua sering dijadikan anjing ‘aksesori’. Ukuran anjing chihuahua jantan dan betina sama saja, tinggi tubuh 15 - 23 cm (ada juga yang memiliki tinggi 30 - 38 cm) dengan bobot kurang dari 3 kg. Mata yang besar dan komunikatif, telinga yang panjang, dan hidung yang bulat di ujung moncong adalah ciri khas anjing chihuahua.
Anjing ini terdiri atas dua tipe, yakni yang berbulu panjang dan berbulu pendek. Chihuahua berbulu panjang cenderung memiliki ukuran tubuh lebih besar dan bulu yang lebih lembut dibandingkan chihuahua berbulu pendek (bulunya sangat pendek dan tipis, nyaris tidak berbulu). Oleh karena itu, chihuahua berbulu pendek lebih populer dan lebih sering dijadikan anjing ‘aksesori’ bagi para wanita muda.
Warna bulu jenis anjing ini bisa beragam, mulai dari warna polos hingga bergradasi atau bercorak bintik-bintik, berpola seperti bulu musang, dan sebagainya. Semakin sering chihuahua berbeda warna dan corak dikawinkan, semakin beragam warna bulu anak chihuahua yang dilahirkan. Dari berbagai warna yang ada, chihuahua paling banyak berwarna krem, cokelat, putih, hitam, dan cokelat kemerahan.

Sifat dan Temperamen Jenis Anjing Chihuahua

Chihuahua adalah jenis anjing yang sangat ekspresif. Ia bisa menjadi sangat manis jika sedang merasa bahagia dan bisa menjadi sangat galak serta agresif saat sedang marah atau merasa terancam. Chihuahua juga tergolong salah satu tipe anjing yang sensitif dan mudah marah. Oleh karena itu, chihuahua kurang cocok dijadikan binatang peliharaan bagi anak-anak karena anjing ini akan menjadi tidak sabaran, kasar, dan berubah menjadi ‘monster kecil’ kalau ia terpancing emosinya.
Meski terkesan emosional, anjing ini sesungguhnya cukup loyal kepada pemiliknya jika diberi perhatian yang banyak. Apabila sudah merasakan ikatan emosi dengan pemiliknya, chihuahua akan menjadi sangat protektif menjaga pemiliknya tersebut agar tidak dekat-dekat dengan anjing lain. Sifatnya yang terlalu protektif ini menyebabkan chihuahua tidak bisa hidup akur dengan anjing-anjing lain (meski terkadang seekor chihuahua bisa menjadi sangat akrab dengan chihuahua lain).
Anjing ini senang sekali ‘menenggelamkan diri’ di sudut-sudut atau tempat-tempat sempit di dalam rumah. Mereka suka berimpit-impitan di tumpukan bantal, tumpukan pakaian, atau di dalam selimut. Mereka juga suka berdiam diri di kolong kasur atau tempat-tempat lain yang gelap gulita dan sepi, karena menurut mereka tempat seperti itulah yang aman untuk ditinggali.

Masalah Kesehatan Jenis Anjing Chihuahua

Memelihara anjing chihuahua berarti Anda siap untuk berkomitmen memastikan kesehatannya ke dokter hewan secara berkala. Anjing ini sering kali memerlukan perawatan khusus dari dokter hewan, terutama terkait kesehatan mulut dan gigi serta proses melahirkan, bagi para Chihuahua betina. Selain itu, anjing ini juga memiliki kecenderungan penyakit bawaan berupa anomali-anomali genetis, seperti gangguan saraf, kejang-kejang, dan serangan jantung.
Sebagai jenis anjing kecil, chihuahua memiliki kecenderungan terkena penyakit hidrosefalus (kepala membengkak). Ada banyak laporan di berbagai belahan dunia tentang anak chihuahua yang memiliki kepala terlalu besar dan tidak normal, terutama pada saat usia anak chihuahua tersebut baru menginjak beberapa bulan. Biasanya hidrosefalus pada anak chihuahua disebabkan oleh pembentukan tulang tengkorak yang tidak sempurna dan rapuh.
Anak anjing chihuahua memiliki moleras di tengkoraknya, yakni semacam lubang kecil yang lunak jika ditekan (seperti ubun-ubun yang masih lunak pada bayi manusia). Seperti pada manusia, moleras ini akan tertutup dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia chihuahua tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah perawatan bagi anak chihuahua yang moleras-nya masih lunak (biasanya akan terus lunak hingga usia chihuahua mencapai 6 bulan).
Akan tetapi, beberapa chihuahua tidak mengeras moleras-nya dan karena itu ia patut mendapatkan perhatian dan pengawasan khusus untuk menghindari cedera pada moleras.
Soal makanan, chihuahua cenderung rewel dan pilih-pilih. Oleh karena itu, anjing ini sering kali tidak mendapatkan nutrisi yang tidak memadai. Sehingga, ia menjadi mudah sakit dan tidak lincah. Jika chihuahua tidak mau makan, makanan anjing yang basah dan beraroma kuat biasanya bisa menjadi pemancing selera makan chihuahua.
Kerewelannya dalam hal memilih-milih makanan bisa menyebabkan kurangnya gula darah dalam tubuh chihuahua. Hal ini bisa jadi berbahaya bagi kesehatannya jika terus dibiarkan.

Kiat Memelihara Jenis Anjing Chihuahua

Jika Anda berminat memelihara anjing mungil ini, perhatikan tips berikut ini agar chihuahua Anda sehat dan bahagia.
  1. Suntik vaksin chihuahua Anda sesuai usianya dan pastikan Anda memberinya vaksin peningkat daya tahan tubuh setiap tahun agar anjing yang rentan sakit ini tetap sehat.
  2. Sebelum memilih metode pemberantasan atau pencegahan kutu dan cacing pada chihuahua Anda, berkonsultasilah dahulu dengan dokter hewan. Hal ini penting karena kesalahan metode pemberantasan kutu dan cacing bisa menyebabkan chihuahua terkena alergi.
  3. Chihuahua memerlukan diet yang sehat, bukan makanan yang asal mengenyangkan. Apa pun pilihan makanannya, pastikan makanan tersebut mengandung daging sebagai unsur utamanya. Makanan chihuahua harus mengandung protein sebanyak minimal 30% dan mengandung lemak minimal 20%. Pastikan juga makanan tersebut mengandung maksimal 4% serat.
  4. Dalam memberi makan chihuahua, berikan makanan dalam porsi sedang, 3 kali dalam sehari. Porsi yang terlalu banyak dan terlalu sering bisa menyebabkan obesitas.
  5. Jika memelihara jenis anjing chihuahua bulu pendek, Anda cukup menyisirnya sesekali menggunakan sisir sikat berbulu lembut atau cukup lap chihuahua Anda dengan kain lembut dan bersih. Akan tetapi, jika Anda memelihara chihuahua bulu panjang, Anda harus menyisir bulunya setiap hari agar tidak kusut dan rontok.
  6. Mandikan chihuahua bulu pendek Anda 1 kali dalam sebulan. Pastikan tidak ada air yang masuk ke dalam telinganya, karena air bisa menimbulkan infeksi saluran pendengaran. Chihuahua bulu panjang perlu mandi lebih sering lagi, setidaknya 2 - 3 kali dalam sebulan.
  7. Jika memungkinkan, bawa anjing chihuahua Anda berjalan-jalan setiap hari. Karena chihuahua sangat aktif dan energik, ia butuh penyaluran energi agar tidak cepat bosan.
  8. Jika Anda senang mendandani hewan peliharaan Anda, sebuah baju imut khusus anjing yang tersambung ke tali panjang lebih cocok untuk chihuahua dibandingkan kalung anjing dengan tali untuk berjalan-jalan. Kalung anjing ini, terutama jika digunakan berjalan-jalan, berisiko merusak tenggorokan dan langit-langit mulut chihuahua .
  9. Latih dan sosialisasikan chihuahua Anda dengan manusia dan anjing lain selagi kecil, agar chihuahua Anda tidak mudah marah dan lebih bersahabat.
  10. Tunjukkan rasa kasih sayang Anda pada chihuahua dengan cara sering membelai dan memeluknya karena chihuahua memerlukan bentuk kasih sayang yang ekspresif.
Jenis anjing chihuahua memiliki masa hidup yang cukup panjang jika dirawat dengan baik, yakni sekitar 11 - 14 tahun. Sayangilah chihuahua Anda dan perlakukan ia dengan lembut. Jika Anda memperlakukannya dengan kasar, ia akan merasa terancam dan berubah menjadi ‘monster kecil’ yang mengerikan dan ganas.

0 komentar:

Posting Komentar