Jumat, 15 Juni 2012

Mari Mengenal Anjing




Sepanjang sejarah, anjing dilatih untuk menjadi pembantu bagi manusia. Selain untuk menggembalakan hewan lain dan menjadi teman manusia, anjing juga berfungsi sebagai penjaga rumah. Sekarang, tugas anjing bertambah luas sebagai penjaga pabrik dan perkebunan.
Ada pula anjing yang dilatih untuk mengidentifikasi obat-obatan terlarang dan bekerja membantu polisi. Bahkan kini banyak anjing yang dilatih untuk membantu tuna netra, menemani orang tua yang kesepian atau orang sakit dengan cara mengajak pemiliknya berjalan-jalan.




Keluarga anjing, yang disebut Canidae, asal kata ‘canis’ yang berarti anjing, terdiri dari 37 spesies termasuk serigala, rubah, dan anjing liar atau anjing peliharaan. Semua hewan dalam keluarga anjing ini adalah karnivora, yang berarti pemakan daging.
Mereka menggunakan gigi mereka untuk membunuh mangsa, mengunyah daging, dan menggerogoti tulang – terkadang anjing menggunakan gigi mereka untuk bertarung satu sama lain.
Anjing adalah hewan yang memiliki indera penglihatan, pendengaran dan penciuman yang sangat tajam. Ditambah mata yang besar, telinga yang tegak lurus dan hidung yang sangat sensitive, menjadikan anjing hewan pemangsa yang sangat hebat.


Perilaku Anjing
Keluarga anjing dapat dibagi menjadi dua grup besar menurut perilakunya: pemburu yang hidup sendiri dan pemburu yang hidup bersama anjing lainnya. Perilaku anjing pada dasarnya sama dengan keluarga manusia, dimana orang tua menjadi pimpinan dan anak-anak mengikuti apa yang diperintahkan orang tua mereka hingga cukup usia untuk pergi dan membentuk keluarga sendiri.
Anak-anak anjing dari keluarga Canidae terlihat sama sewaktu mereka masih kecil. Anak-anak anjing terlihat kecil, tak berdaya dan buta, memiliki bulu pendek, kaki pendek, dan ekor yang kecil. Awalnya, anak-anak anjing hanya dapat meminum susu dari induk mereka.
Setelah beberapa hari mata mereka akan terbuka dan mereka juga mulai bisa mendengar dan mereka pun butuh makanan padat. Makanan padat untuk anak-anak anjing didapat dari induk mereka yang memuntahkan kembali makanan yang sudah mereka makan untuk diberikan pada anak-anak mereka.




Memelihara Anjing
Memelihara anjing sebaiknya hanya dilakukan oleh orang-orang yang memang siap memelihara anjing selama hidup anjing tersebut – hingga 17 tahun. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam hal memelihara anjing:
  • Di tahun pertama, tak berbeda jauh dengan merawat anak kecil, namun lebih mudah
  • Kebutuhan anjing harus dipenuhi dan di saat yang bersamaan harus diajarkan cara hidup bersama keluarga manusia
  • Jangan pernah meninggalkan anjing sendiri selama lebih dari beberapa jam
  • Anjing membutuhkan air bersih untuk minum
  • Buat jadwal makan anjing secara teratur
  • Siapkan  biscuit keras atau tulang untuk dikunyah-kunyah, untuk membersihkan giginya
  • Perawatan secara rutin diperlukan untuk memeriksa apakah ada parasit di bulu atau di tubuhnya, seperti kutu atau rabies

0 komentar:

Posting Komentar