Kamis, 18 Desember 2014
Tips Memasang Rem Cakram Belakang Pada Motor
Dunia bengkel pasti tertarik untuk pasang rem cakram belakang di motor kesayangannya, alasan utamanya pasti karena emang hobi modif dan yang gak kalah penting lebih meningkatkan keamanan dalam berkendara.Pabrikan motor pasti sudah mengkalkukasi tingkat keamanan sehingga bisa lulus uji kelayakan dan motor dapat diproduksi secara massal, tapi emang dasar hobi, tromol bawaan pabrik lengser diganti cakram.
Nah untuk yang ingin pasang cakram belakang secara teknis ada yang perlu diperhatikan, karena hal yang satu ini jarang mendapat perhatian karena bentuknya yang kecil yaitu posisi nepel angin pada master rem.
Posisi nepel pada master rem ini harus berada diatas (menghadap keatas) kenapa ? Sistem rem ini bekerja berdasarkan tekanan fluida (dalam hal ini minyak rem).
Perangkatnya terdiri dari master rem depan (Brake Master Cylinder) yang berfungsi untuk memompa minyak rem. Selang rem yang fungsinya untuk menyalurkan minyak rem ke master rem belakang (Brake Slave Cylinder).Master rem belakang (Brake Slave Cylinder) fungsinya untuk menyalurkan tekanan yang dihasilkan oleh brake master cylinder melalui piston yang terdapat dalam silinder untuk menggerakan kampas rem agar terjepit pada cakram.
Dalam sistem rem hidrolis tidak boleh ada angin yang terperangkap didalamnya, untuk itulah dibuat nepel untuk buang angin (tapi bukan kentut) istilah kerennya bleeding. Posisi nepel rem harus lebih tinggi dari silinder piston agar silinder tempat piston berada dapat penuh terisi oleh fluida minyak rem yang digunakan untuk menekan piston dan menggerakkan kampas rem, apabila posisinya dibawah maka silinder piston tidak akan terisi penuh oleh minyak rem dan ini akan membuat rem ngempos alias tidak pakem.
Buat yang punya masalah sama rem belakang yang ngempos alias pedal rem nggak mau padet, coba perhatikan posisi nepel rem yang saya gambarkan disamping, kalau posisi braket sudah paten dan gak mungkin dirubah lagi, sedangkan posisi nepel rem masih lebih rendah dari silinder piston biar rem mau pakem bisa diakali dengan cara buang angin (bleeding) dengan cara melepas master rem belakang, kemudian posisikan nepel rem keatas, selipkan cakram bekas yang anda punya diantara kampas rem agar piston tidak lepas, kemudian pompa master rem depan dan buang anginnya sampai yakin dalam sistem tidak ada angin yang terperangkap, kemudian pasang lagi pada braket yang sudah anda buat. Memang sedikit repot tapi cara ini berhasil mengatasi rem ngempos, selamat mencoba !!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
hi ,, singgah jln2 ^_^
BalasHapuscara mengetahui aus tidaknya bagaiman nih
BalasHapusHello my friend.
BalasHapusA cheerful sunny Wednesday.
Teb.
ummi kunjung dini hari.
BalasHapusjom.. balas kunjung tq
Midweek greetings my friend
BalasHapushttp://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/
with best regards from Bavaria
BalasHapusSelamat pagi kawan. Selamat beraktifitas.
BalasHapusmantap informasinya.
BalasHapusSunny greetings with a smile from Brugge
BalasHapushttp://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/
Hello my friend.
BalasHapusA pleasant day on Friday
Teb.
hello, dear friend, new day, new luck,
BalasHapusI wish you a wonderful Friday
hello, dear friend, you are worthy, that you are well,
BalasHapuswhy allow yourself anything,
what you do well, I wish you a wonderful weekend
Miep miep... knock knock, dont scare... It's just me
BalasHapushttp://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/
Selamat malam sahabat dan terima kasih kunjungannya
BalasHapusHappy super malam minggu :)
BalasHapushadir dinihari gan
BalasHapusI wish you a wonderful sunday kawan
BalasHapusHello dear friend.
BalasHapusA beautiful Sunday with a magnificent sun.
Teb.
Hello dear friend.
BalasHapusA beautiful Sunday with a magnificent sun.
Teb.
http://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/
BalasHapusGreetings from Belgium
Membalas kunjungan :)
BalasHapusHello my friend.
BalasHapusPleasant Tuesday.
Beautiful day.
Teb.
salam ziarah..jemput mai tgk perfume fm kt blog sy =)..
BalasHapus